Cara membuat dan menginput Data Base - Tugas PENKOM(201)

Halo halo Guten Abend menjelang Gute Nacht balik lagi bersama tugass yuhuuu
Nah kali ini valma mau bahas tentang cara membuat data base menggunakan Ms. Access
Okey kita mulai aja yaa

1. Buka dulu dong app Ms. Access nya hehe, lalu kita create deh. Kalian bisa lihat pada step dibawah ini ya. Oiya kalian kalau ga ketemu Ms. Accessnya di kolom pencarian pada start windows, bisa dicari di Data C→ Programs. Cari deh sampai ketemu✌✌👌
1

2
2. Akan muncul sebuah tampilan seperti gambar 1 dibawah ini. Untuk mengganti nama tabel1 dan menginput data pada tabel1, kalian lihat step yang dibawah ini yaa
Klik tabel1→klik kanan→design view→rename pada table name (→dapat dilihat pada step 2 atau gambar 2)→OK
1
2
3. Untuk membuat tabel yang baru bisa di lihat pada step gambar yaa dibawah ini
Pilih 'bagian Create' → klik table
1
4. Untuk membuat tabel dan menginput pada field table kita klik kanan tabel1 lalu klik design view setelah itu input datanya.
Gambar X

  • Data type menentukan jenis data macam apa yang harus disimpan pada sebuah field dalam sebuah table. Bisa berupa text, number, date/time, currency, auto number, yes/no, OLE object, hyperlink atau lookup wizard. Bagian bawah (general) bisa kalian ganti pengaturannya sesuai yang kalian inginkan.

5. Primary key (bentuknya seperti kunci yang terdapat pada kolom kiri Gambar X)
Primary key secara otomatis nya akan muncul pada baris pertama pada kolom pertama dalam table. Untuk mengubah letak primary key dapat dilakukan seperti pada gambar X dengan meng-klik ikon kunci pada grup design.

Fungsi lain primary key ialah untuk menunjukkan field yang dikunci oleh primary key tidak bisa diisi dengan data yang sama. Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan antara satu sama lainnya (unik).
6. Membuat data relationship
Relationship berfungsi menghubungkan data dalam field antara data field satu dengan lainnya. Relationship memiliki entity-entity yang akan membentuk skema-skema yang saling berhubungan antara data field satu dengan yang lainnya.
Cara membuat data relationship ialah dengan meng-klik relationship pada grup database tools lalu akan muncul gambar 2→ blok semua nya atau add satu-satu fieldnya. Setelah itu akan muncul table-tabel field yang berisi data field. Klik edit relationship → create new → isi right-left table dan  right-left kolom name nya → OK→ double klik pada table-tabel → table akan berubah → isi data-data nya (seperti pada gambar 9 sampai 12) → JANGAN LUPA SAVE pada setiap table (satu persatu) ketika selesai mengubah data pada table.
Akan muncul entity-entity atau garis penghubung antar data-data yang disebut dengan data relationship.
1

2
Blok semuanya tanpa atau menggunakan ctrl + A


3

4

5

6

7
8

9

10

11

12

7. Cara membuat form pengisian
Klik salah satu table yang akan di buat formnya → klik create → klik form wizard → klik >> atau > → klik next →  pilih columnar → next→ finish. Muncul form yang berisi data-data table dari table tersebut. Table / Queries dapat diganti sesuai data field yang diinginkan untuk dibuat formnya (seperti pada gambar/step ke 5).
1

2

4



5 (ganti sesuai keinginan)

8. Cara membuat report
Klik table pada form → klik report pada grup create → save as “report name” nya bisa di rename juga kalua mau. Lakukan lah kepada semua table form jika diinginkan seluruh form table memiliki report datanya.
1

2

3

4

5

9. Report wizard
Klik table pada form → klik report table pada grup create → klik >> atau > → klik next → klik > → next → klik pada kolom nomor 1 → klik salah satu option → untuk merubah menjadi descending klik ascending → next →finish. Report data akan tampil seperti gambar ke 6
Ascending untuk mengurutkan data dari yang terkecil ke yang besar
Descending untuk mengurutkan data dari yang terbesar ke yang terkecil
Lakukan lah kepada semua table form jika diinginkan seluruh form table memiliki data seperti tampilan dari report wizard.
1

2

3

4

5

6

10. Membuat Query menggunakan Query design dan SQL View
Query berfungsi menyaring data sesuai yang kita inginkan. SQL view berfungsi seperti untuk menginput perintah kepada data sehingga data yang akan ditampilkan pada query sesuai keinginan kita.
Step membuat Query
Klik Query Design pada grup create → close → SQL view → input perintah → RUN! → Save
1

2

3

4

5

7

Demikian hasil pembelajaran pada praktikum penkom minggu ke 8 ini. Semoga ilmu ini akan terus berguna dan ingat terus serta bermanfaat bagi semua yang membaca, amiiin. BIG THX to ASPRAK KECE kitaaa!!!!! SUKSES SELALU!

Komentar

Postingan Populer